Pandemi Virus Corona : Budayakan Hidup Sehat!


Saat ini, dunia tengah digemparkan dengan munculnya sebuah virus baru yang dinamakan Covid-19. Virus ini disinyalir pertama kali berasal dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China. Di daerah tersebut disebutkan bahwa terdapat pasar hewan yang menjadi asal muasal virus Corona tersebut.  Tidak membutuhkan waktu lama, virus ini terus menyebar keseluruh wilayah China bahkan sampai ke berbagai penjuru dunia. Di China sendiri sejak merebaknya kasus virus Corona, pemerintah langsung menerapkan kebijakan penutupan semua fasilitas umum sebagai upaya untuk memutus rantai penyebarannya. Hal ini dikarenakan hampir seluruh warga China terjangkit virus tersebut. Sampai-sampai para medis kewalahan menangani pasien yang terus bertambah dengan gejala yang sama setiap harinya.

Penyebaran virus Corona berlangsung dengan sangatlah cepat. Virus yang menjadi pandemi di dunia ini dikabarkan berasal dari hewan kemudian menjangkit manusia, dan manusia menularkannya kepada manusia lainnya melalui benda-benda disekitar. Gejalanya sendiri hampir mirip dengan flu biasa, yang disertai batuk dan tenggorokan kering  bahkan sesak nafas. Penderita juga akan mengalami demam dengan suhu sampai diatas 38 derajat celsius. Bahkan terdapat beberapa orang yang terinveksi virus Corona tanpa disertai adanya gejala apapun, tetapi meninggal secara mendadak.

Tercatat lebih dari 170 negara di dunia meporkan adanya kasus Corona. Penyebaran virus Corona kebanyakan terjadi melalui warga atau turis yang berkunjung ke China, kemudian kembali ke negaranya dengan tanpa sadar telah membawa virus ini. Pada (30/03/20) angka kasus positif sebanyak 720.117 kasus. Dari jumlah tersebut, 33.925 meninggal dunia dan 149.082 pasien telah dinyatakan sembuh, jumlah ini masih akan terus bertambah setiap harinya. Data tersebut menunjukkan bahwa kasus terbanyak kini tercatat di Amerika Serikat dan Italia. Beberapa negara juga telah memberlakukan sistem Lockdown sebagai upaya agar virus Corona tidak semakin meluas. Akibatnya, saat ini dunia tengah mengalami krisis global.

Indonesia juga menjadi salah satu negara yang terdampak virus Corona. Kasus pertama adalah ketika dikabarkan adanya dua orang warga Depok yang mengalami gejala penyakit seperti gejala virus Corona. Kemudian virus ini mulai menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Hal ini membuat pemerintah menghimbau seluruh masyarakat agar beraktifitas dari rumah. Mulai dari bekerja, belajar, berbelanja, dan aktifitas lainnya dilakukan dari rumah melalui media online. Pemerintah juga menghimbau masyarakat untuk menerapkan gerakan Sosial Distancing, yakni menjaga jarak dengan orang lain untuk menghindari penularan virus. Masyarakat pun turut ikut mengkampanyekan himbauan dari pemerintah melalui media sosial masing-masing.

Berbagai cara dapat dilakukan masyarakat untuk menghindari  virus Corona. Mulai dari mengonsumsi makanan yang sehat, sering cuci tangan dengan sabun, serta berupaya menghindari keramaian. Dengan begitu,  mulai saat ini kita harus berusaha menjaga kebersihan dan menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari virus Corona.


(Regal_ R / Timred)

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Lanjutkan ..
    Ukir terus ide emasmu, supaya tetap abadi dan trusmengudara diweb ini.

    BalasHapus