Bahaya Tidur Di Dekat Ponsel




Seiring berjalannya waktu, teknologi pastinya juga turut melakukan perkembangan. Saat ini, bisa di temukan produk-produk teknologi yang sangat canggih. Yang pastinya, manusia dituntut untuk selalu mengkuti jejak perkembangan zaman, termasuk perkembangan teknologi tersebut. Ini menyebabkan, munculnya sebutan ‘jadul’ bagi orang yang tidak turut serta memanfaatkan perkembangan ternologi. Yang perlu ditakutkan, teknologi tidak selamanya memberi dampak yang positif. Ada juga dampak negatif yang turut menyertai teknologi tersebut. Nah para readers, jadi di blog kali ini kita akan membahas mengenai dampak negatif saat kita tidur di dekat handphone.

Semua pasti sudah sangat kenal kan ya dengan produk ini. Ternyata, handphone ini kadang juga dijuluki sebagai ‘setan gepeng’. Hal itu disebabkan karena, apabila seseorang sudah terlanjur bermain handphone, aktivitas lainnya bisa terlupakan karena hasutan dari handphone tersebut. Meskipun yaa, tidak dapat dipungkiri jika handphone sangat bermanfaat bagi kehidupan kita. Karena memang, di zaman seperti ini segala sesuatu kebanyakan dilakukan secara online.

Nah masalahnya, pernah gak sih, kalian ketiduran sambil memegang   handphone? Atau malah sengaja menaruhnya di bawah bantal?. Ternyata, kebanyakan orang memang sering melakukan hal ini. Padahal, ada beberapa dampak buruk jika meletakkan handphone didekat kita saat sedang tidur. Mungkin kebanyakan juga dilakukan karena alasan, misalnya agar alarm bisa terdengar jelas atau yang lainnya. Namun tetap saja hal ini seharusnya dihindari. Bahkan ini juga sangat berdampak bagi kesehatan kita. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita mengetahui berbagai dampak buruk tersebut, serta berusaha untuk menghindari meletakkan handphone didekat kita saat sedang tidur.

1.Mengganggu Kualitas Tidur
Jangankan meletakkan handphone didekat kita saat tidur, bermain handphone sebelum tidur pun seharusnya dihindari. Hal ini karena, handphone  akan memancarkan radiasi cahaya biru yang menurut penelitian  bisa menghambat produksi hormon melatonin. Hormon melatonin yaitu hormon yang berfungsi mengatur tidur, dan mengganggu ritme sirkadian (jam biologis tubuh). Akibatnya, kita akan sulit tidur dan kualitas tidur kita pun akan terganggu.

2. Gangguan Sel Otak dan Saraf
Menurut World Health Organization (WHO), radiasi dari handphone bisa memengaruhi susunan saraf manusia hingga dapat menyebabkan kanker atau tumor, terutama pada anak-anak. Karena kulit kepala dan tengkorak anak-anak lebih tipis daripada orang dewasa, dan lebih rentan terhadap radiasi. Pernyataan bahwa paparan radiasi dari handphone dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak ini dikemukakan oleh seorang ilmuwan kesehatan lingkungan, Dr. Devra Davis, yang tentunya tidak bisa diragukan lagi. Sel-sel otak yang rusak membuat risiko terjangkitnya berbagai jenis penyakit meningkat, karena otak adalah pusat pengendalian tubuh.

3.Mengurangi Kemampuan Konsentrasi
Menurut penelitian, handphone jenis apapun dapat mengeluarkan radiasi elektromagnetik yang mampu mempengaruhi kualitas tidur kita. Efek dari radiasi tersebut dapat menyebabkan aliran darah yang diarahkan ke otot-otot tubuh kita menjadi tidak maksimal. Akibatnya, setelah kita terbangun dari tidur, kita mungkin mengalami kurang konsentrasi dan kehilangan fokus. Bahkan, ini bisa juga menyebabkan kita merasa lemas.

4. Beberapa Kasus Handphone  yang Meledak
Kasus handphone terbakar atau meledak memang sudah lumayan banyak terjadi di kalangan masyarakat. Namun, masih saja banyak yang dengan berani menaruh handphone  di bawah bantal, terlebih saat sedang dalam kondisi mengisi baterai dan dibiarkan semalaman. Kasus ini memang tidak terlalu sering terjadi. Walaupun begitu, menaruh handphone di bawah bantal sambil mengisi daya baterai sangat tidak disarankan. Hal ini karena, saat handphone dalam kondisi mengisi daya baterai, akan cenderung cepat panas saat ditaruh di tempat yang tertutup seperti bantal, selimut, ataupun bahan tebal lainnya sehingga berisiko memicu kebakaran. Coba bayangkan jika handphone itu meledak, sangat ngeri bukan?.

Jadi, itu dia dampak negatif jika meletakkan handphone didekat kita saat sedang tidur. Alangkah baiknya jika kita menghindari hal itu, mengingat beberapa dampaknya tadi yang sangat berbahaya.

(Z_NA / Editor)

Posting Komentar

0 Komentar