TERKANTUK SAMPAI TENGAH MALAM


Bulan suci ramadhan adalah bulan yang penuh dengan berkah dan kemuliaan. Kebanyakan orang memanfaatkan bulan ini untuk lebih meningkatkan amal ibadah dan memperbanyak sedekah. Demikian juga dengan PC IPM Watulimo, yang mengadakan kegiatan “Busareng” atau merupakan singkatan dari Buka Sahur Bareng. Dalam kegiatan ini, PC IPM juga menghadirkan 10 orang personil dari PR IPM MTs Muhammadiyah Watulimo. Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 30-31 Mei 2019 atau tepatnya pada puasa ke 25 ini bertempat di Gedung MBS Haji Suyoto dan dapat terlaksana dengan lancar.
Kegiatan ini dibuka oleh Ketua PC IPM Watulimo di gedung MBS Haji Suyoto. Rangkaian-rangkaian acara pembukaan berlangsung dengan lancar dan khidmat, hingga akhirnya tiba waktu sholat ashar. Seluruh peserta melakukan sholat ashar berjamaah di Masjid Musnah Ali Dahlan setelah melalui antrean untuk mengambil air wudhu. Kegiatan pun kembali dilanjutkan saat sholat ashar sudah selesai ditunaikan.
Kegiatan ini tetap berjalan hingga menjelang waktu berbuka puasa. Sambil menunggu waktu berbuka, tentunya panitia juga sudah menyiapkan permainan seru untuk mengalihkan rasa lapar setelah setengah hari berpuasa. Permainan ini juga lumayan mengasah pikiran masing-masing peserta yang mengikuti kegiatan “Busareng” ini. Permainan yang seru ini diawali dengan pembagian peserta menjadi beberapa kelompok, kemudian setiap kelompok diminta untuk mengambil kertas yang telah disediakan didepan tempat Ketua PC IPM Watulimo. Setelah masing-masing kelompok sudah mempunyai kertas, permainan tebak-tebakan dimulai. Yeah, permainan ini sangat menyenangkan meski juga terasa sedikit menegangkan . Namun saat para peserta masih belum puas, waktu berbuka telah tiba. Adzan maghrib telah dikumandangkan.  Alhamdulillah.
Kegiatan berbuka diawali dengan berdo’a lalu makan takjil. Namun sebelum makan nasi, tentunya diselingi dengan sholat maghrib berjama’ah terlebih dahulu. Sholat maghrib yang diimami oleh ketua PCM ini ditunaikan dengan khusyuk dan khidmat. Seusai sholat maghrib, akhirnya yang lumayan ditunggu-tunggu telah tiba, saatnya untuk makan. Semua peserta sangat menikmati momen makan bersama tersebut. Momen ini tentunya juga tidak dilewatkan oleh panitia untuk mengambil beberapa foto untuk didokumentasikan.
Acara makan-makan telah selesai, setelah ini adalah saatnya untuk mendirikan sholat isya’ dan sholat tarawih. Para peserta kegiatan ini mendirikan sholat isya' dan tarawih di masjid Musnah Ali Dahlan bersamaan dengan masyarakat di sekitar masjid itu. Sesudah selesai sholat, seluruh peserta memanfaatkan waktu yang berkah ini untuk melakukan tadarus bersama kurang lebih sampai pukul 21.00 WIB. Kegiatan setelah ini adalah kembali ke Gedung MBS Haji Suyoto untuk berdiskusi mengenai nilai-nilai Pancasila dan dipimpin oleh Ahmad Muqorrobin, yang selesai tepat pukul 00.00 WIB. Peserta lumayan antusias mengikuti sesi diskusi ini, meskipun sebagian juga harus terkantuk-kantuk.  Kemudian panitia mempersilahkan para peserta kegiatan ini untuk membersihkan diri dan segera tidur setelah kegiatan diskusi ini selesai. Peserta tidak perlu khawatir saat tidur karena telah disiapkan seksi keamanan dan tempat tidur antara laki-laki dan perempuan yang dipisahkan.
Saat pukul 02.15 WIB, para peserta dibangunkan untuk melaksanakan sahur bersama dengan makanan yang telah disiapkan oleh panitia. Peserta menikmati makanan sahur dengan sedikit rasa kantuk yang masih menyelimutinya. Seusai sahur, ada sedikit waktu senggang untuk sekedar berbincang, sampai akhirnya tiba waktu shubuh. Setelah adzan dikumandangkan, peserta melakukan sholat shubuh secara berjamaah. Pada pukul 05.00 WIB, semua peserta dipersilahkan untuk berbenah dan pulang.



Posting Komentar

0 Komentar