4 Tips Merawat Mata dari Sinar Radiasi


Mata merupakan organ tubuh yang sangat berharga. Dengan mata, kita dapat memproyeksikan dunia dan seisinya serta mengubahnya menjadi sensasi visual yang dapat dimengerti oleh otak. Tentunya memiliki mata sehat dan penglihatan yang normal merupakan dambaan bagi umat manusia. Mengingat pentingnya indra penglihatan yang telah di anugrahkan tuhan kepada kita, maka menjaganya adalah sebuah kewajiban.

Dewasa ini, teknologi dan derasnya arus globalisasi telah menyerbu hampir di segala aspek kehidupan. Teknologi informasi apalagi. Saat semuanya beranjak ke zaman modern yang serba canggih, muncullah ratusan fasilitas dan alat bermonitor yang membuat mata betah berlama-lama didepannya. Alat-alat yang dulunya hanya berupa imajinasi atau bahkan tak pernah terpikirkan telah merealita di kehidupan kita. Tanpa kita sadari, alat-alat tersebut dapat menjadi pemicu maraknya penyakit mata yang mulai menjamur dikalangan para penggunanya. Bahaya radiasi yang ditimbulkan bukanlah hal sepele. Dimulai dari gejala mata lelah, mata memerah, bengkak, hingga akhirnya dapat menjalar pada kerusakan mata yang fatal.

Nah readers,,, meskipun di zaman sekarang  ini kita tak bisa lepas dari yang namanya komputer, smartphone, dan teman-temannya, menjaga kesehatan mata harus tetap jadi prioritas ya.. Bagi anda yang sering mengeluhkan gejala mata lelah karena terlalu lama berada didepan komputer, atau biasa disebut sindrom penglihatan komputer (Computer Vision Syndrome) anda bisa mencoba beberapa tips yang akan saya bagikan. Namun apabila gejala-gejala itu masih sering timbul, solusi terbaik adalah melakukan pemeriksaan kedokter mata secara berkala ya!

1.  Buat layar komputer anda menjadi lebih bersahabat.
Komputer yang anda gunakan sebaiknya memiliki jarak yang tidak terlalu dekat oleh mata. Idealnya jarak mata pengguna dengan monitor yang aman adalah 50-100 cm. Selain itu, anda sebaiknya mengatur kecerahan layar monitor, sesuai dengan kenyamanan saat menggunakannya, sebaiknya layar monitor anda tidak terlalu cerah maupun terlalu gelap.

2.  Sediakan break time untuk mata anda
Secara normal manusia akan berkedip sebanyak 18 kali dalam 1 menit. Dengan berkedip, secara alami kita telah me-refresh mata kita. Akan tetapi ketika menghadap komputer atau perangkat digital lainnya, sebuah studi menyatakan bahwa seseorang hanya berkedip 9 kali alias hanya setengah dari biasanya, hal itu tentunya memicu ketegangan mata. Penyebab lain ketegangan mata adalah ketika mata terlalu focus pada satu titik. Untuk mengurangi resiko ini, anda dapat mencoba trik dengan menjauhkan pandangan dari layar monito untuk menatap objek yang jauh setiap 20 menit sekali. Dengan begitu kita dapat melemaskan otot mata yang menjadi pemicu utama ketegangan mata.

3.  Mengkonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi lengkap
Salah satu cara menjaga kesehatan mata adalah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi mata. Memakan sayuran dan buah segar sangat baik untuk menjaga alat indra ini. Pakar kesehatan mata merekomendasikan untuk banyak mengonsumsi makanan bervitamin A seperti wortel, tomat, dll. Vitamin A yang kita konsumsi berfungsi mencegah pembentukan radikal bebas yang dapat merusak sel retina dan lensa mata.

4.  Periksakan mata secara berkala
Selain beberapa opsi diatas, rutin memeriksa mata juga merupakan cara yang tepat untuk mencegah dan mengatasi mata yang lelah akibat seharian nongkrong didepan layar komputer.  Meskipun anda telah melakukan beberapa tips pencegahan gangguan indra penglihatan, memantau kesehatan mata anda merupakan hal yang sangat penting. Mata sehat menurut anda, belum tentu sehat menurut ilmu medis. Selain itu, dengan memeriksakan mata anda dapat memastikan apakah mata anda dalam keadaan sehat atau perlu penanganan lebih lanjut.
Selain beberapa tips diatas, hal yang perlu anda hindari adalah mengucek mata. Bukannya menghilangkan mata yang gatal, mengucek mata dapat menimbulkan resiko berbahaya bagi mata anda.
 Selamat mencoba! Semoga Berhasil :)

(hlm-rmdn_Editor)



Posting Komentar

3 Komentar

  1. Kalo kaca mata anti radiasi juga bagus kan min??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah tetapi harus dengan pengarahan dokter agar tidak salah pakai

      Hapus
  2. Mari segera bergabung dengan kami.....
    di AjoKartu.com^^online 24 jam.
    segera di add black.berry pin 58CD292C.
    WwW.Ajokartu.com | bonus rollingan 0,3% | bonus referral 20% | minimal deposit 15000

    BalasHapus